Pengaduan

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)

PENGADUAN LANGSUNG

NoKegiatanPelaksanaMutu Baku
PelaporPetugas LayananKepala BidangKepala DinasKelengkapanWaktuOutput
1Petugas menerima pelapor dan memberikan formulir pengaduan untuk diisi oleh pelapor

 

 

 


 

   

   
  • Buku tamu
  • Formulir pengaduan
  • Meja, Kursi

 

5-10 menit
  • Isian Buku tamu dan formulir
2Petugas menyimak dan menganalisis kasus, kendala, atau permasalahan yang dialami    
  • Brosur
  • SOP
  • SPP
5-10 menit 
3Petugas memberikan informasi yang diperlukan oleh pelapor dengan jelas apabila yang dibutuhkan sebatas informasi.    
  • Brosur
  • SOP
  • SPP &
  • Peraturan lainnya
5-10 menitInformasi
4

Apabila diperlukan kebijakan, maka petugas menghadapkan pelapor kepada bidang terkait untuk dapat diselesaikan. 

 

    
  • Brosur
  • SOP
  • SPP &
  • Peraturan lainnya

5-15

menit

 
5Pejabat yang berwenang melimpahkan kebijakan kepada petugas layanan untuk dibantu penyelesaian pengaduannya (jika diperlukan)    
  • Brosur
  • SOP
  • SPP &
  • Peraturan lainnya
5-10 menitInformasi/ dokumen
6Pejabat yang berwenang  atau Petugas menyenyelesaikan permasalahan yang disampaikan oleh pelapor hingga tuntas dan tidak ada permasalahan lain yang dirasakan oleh pelapor atau juga perlu tindak lanjut.    
  • Brosur
  • SOP
  • SPP &
  • Peraturan lainnya
5-10 menitInformasi/ dokumen

 

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)

PENGADUAN TIDAK LANGSUNG

(Whatsapp : 0823-3696-7700)

NoKegiatanPelaksanaMutu Baku
PelaporPetugas LayananKepala BidangKepala DinasKelengkapanWaktuOutput
1Petugas menerima pesan dari masyarakat yang memberikan aduan, menyampaikan kendala atau permasalahan yang dialami

 

 

 


 

   

   
  • Identitas Pelapor
  • Media (WA, FB, IG, Lapor Span, Email)
5 menit 
2Petugas mengklarifikasi identitas pelapor dan menganalisis kasus, kendala, atau permasalahan yang dialami    
  • UU
  • Perpu
  • Perpres
  • Permen
  • Perda
  • Perbub
10 menit 
3Petugas memberikan informasi yang diperlukan oleh pelapor dengan jelas apabila yang dibutuhkan sebatas informasi.    
  • Informasi
  • Media (WA, FB, IG, Lapor Span, Email)
5 menitInformasi
4Apabila diperlukan tindakan, maka petugas mengkoordinasikan dengan bidang terkait untuk dapat diselesaikan. Dalam hal ini harus memperoleh acc dari kepala bidang dan di approve oleh kepala dinas    
  • UU
  • Perpu
  • Perpres
  • Permen
  • Perda
  • Perbub
1 x 24 jam 
5Pejabat yang berwenang menyerahkan hasil penyelesaian pengaduan kepada petugas layanan untuk diteruskan disampaikan kepada pelapor yang mengalami kendala    
  • Informasi/ dokumen
  • Kebijakan
5 menitInformasi/dokumen
6Petugas menyampaikan hasil penyelesaian permasalahan yang disampaikan oleh pelapor hingga tuntas dan tidak ada permasalahan lain yang dirasakan oleh pelapor    
  • Informasi/ dokumen
  • Media (Whatsapp, Lapor.go.id)
5 menitInformasi/dokumen

 

PEMERINTAH KABUPATEN SUMENEP 

DINAS KE PENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL 

Jl. Trunojoyo No. 122 Sumenep

Kode Pos 69416

 

FORMAT PENGADUAN

 

Nama Lengkap  : ................................................................................... 

NIK                        : ....................................................................................

No. KK                  : ....................................................................................

Email                   :  ....................................................................................

No. Telp (WA)     : ......................................................................................

Isi Aduan             : ......................................................................................

                                ......................................................................................

                                ......................................................................................

                                ...................................................................................... 

                                ........................................................................................ 

                                ........................................................................................ 

                                ........................................................................................ 

                                ........................................................................................ 

                                ........................................................................................ 

                                ........................................................................................ 

 

 

 

Informasi Kontak

  • Jam Layanan
    Senin-Kamis 08.00-15.00 WIB Istirahat 12.00-13.00 WIB, Jumat 08.00-14.30 WIB Istirahat 11.00-13.00 WIB
  • Alamat
    Jl. Trunojoyo No. 122 Sumenep
  • Telepon
    (0328) 662045
  • Fax
    (0328) 662045
  • Email
    disdukcapil.sumenep1@gmail.com

Ikuti

Lokasi Kami

wave shape